Wednesday, October 5, 2011

Re: [id-android] OOT/Share: Kecewa Telkomsel atas pencurian pulsa via sms premiumnya

Barusan baca di Kompas.com, udah ada tuh yg lapor ke polisi (cyber crime) dan ditanggapi. Coba2 aja rame2 ikut ngelapor, biar makin bergaung efeknya .......
Beritanya bisa dibaca disini : http://m.kompas.com/news/read/2011/10/05/1735004/Korban.Pencurian.Pulsa.Mulai

On Oct 5, 2011 12:28 PM, "teguh" <teguhskh@gmail.com> wrote:
> Lapor polisi? Wkkkkkkkkk. SOL.
> On Oct 5, 2011 9:52 AM, "Santhony Tjuatja" <ast.android@gmail.com> wrote:
>> Just info:
>>
>>
> http://us.wap.vivanews.com/news/read/252371-yang-bisa-dilakukan-korban-sms-sedot-pulsa
>>
>> SMS Sedot Pulsa, Pemerintah Panggil Operator
>>
>> Elin Yunita Kristanti, Amal Nur Ngazis | Selasa, 4 Oktober 2011, 06:32 WIB
>>
>> VIVAnews -- Mungkin banyak yang tidak sadar, pulsa tersedot saat menerima
> pesan singkat. Biasanya SMS yang bisa menyedot pulsa dikirim oleh layanan
> konten empat dijit, misalnya, 97**, 37**, dan 78**. Sekali terima SMS, pulsa
> senilai Rp1.000 sampai Rp2.000 akan lenyap.
>>
>> Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring, berjanji akan
> menindak tegas operator atau content provider yang nakal.
>>
>> Bagaimana cara yang bisa ditempuh korban?
>>
>> "Kalau yang melakukan hal tersebut perorangan langsung laporkan ke
> kepolisian," ujar Humas Kemkominfo, Gatot S Dewa, dalam perbincangan dengan
> VIVAnews.com, Senin malam, 3 Oktober 2011.
>>
>> Terkait dengan maraknya penyedotan pulsa tersebut, operator semestinya
> tanggap dengan kondisi tersebut. Namun, Gatot mengakui, belum ada laporan
> terhadap kenakalan operator.
>>
>> Gatot meyakinkan kepada semua konsumen layanan komunikasi bahwa pada
> dasarnya penyelenggaraan telekomunikasi semuanya sudah diatur dalam tiga
> peraturan. "Jadi ada pasal ganti rugi, bila operator yang salah, konsumen
> dapat ganti," kata dia.
>>
>> Tiga peraturan tersebut yakni PP No. 25 Tahun 2005 tentang Penyelenggaraan
> Telekomunikasi, Permenkominfo No.23 Tahun 2005 tentang Registrasi Layanan
> Komunikasi dan Permenkominfo No. 1 Tahun 2009 Tentang Jasa Premium Layanan
> Komunikasi.
>>
>> Selain itu, untuk menampung keluhan masyarakat, Badan Regulasi
> Telekomunikasi Indonesia (BRTI) sudah membuka contact centre sejak 26 Juli
> 2011 untuk mengadukan operator maupun content provider yang melakukan
> penyedotan pulsa secara sepihak. "Contact Centre BRTI di nomor 159,"
> tambahnya.
>>
>> Dan sejauh ini, melalui contact centre tersebut, BRTI telah menindak
> operator dan content provider yang melanggar, bahkan ada konten yang
> di-blacklist.
>>
>> Sesuai aturan, lanjutnya, segala pelanggaran layanan telekomunikasi akan
> ditindak oleh kementerian komunikasi dengan melakukan verifikasi kategori
> pelanggaran, apakah merupakan kesalahan operator atau penyedia konten, baru
> kemudian ditindak. "Sesuai UU, jika diperingatkan masih bandel, kami cabut
> izinnya," tegasnya.
>>
>> Untuk itu, ia berpesan agar operator juga responsif dan tidak melanjutkan
> kerjasama dengan penyedia konten yang nakal.
>>
>> Sebagai bagian upaya serius memerangi penyedotan pulsa, pihak Kemkominfo
> pekan depan akan melakukan pertemuan dengan 10 operator untuk membicarakan
> hal ini. "Kami ingin klarifikasi mereka dan sejauh mana keseriusan mereka
> atas keluhan masyarakat," ujarnya.
>> Edo Timorer - PVJ
>> --------------------------
>>
>> Salam,
>> Santhony
>>
>> Sent from EVO 3D
>> powered by smartfren
>>
>> -----Original Message-----
>> From: Noddy Adidarma <namakunoddy@gmail.com>
>> Sender: id-android@googlegroups.com
>> Date: Tue, 4 Oct 2011 21:23:30
>> To: Gadtorade Milis<gadtorade@yahoogroups.com>; <
> id-android@googlegroups.com>
>> Reply-To: id-android@googlegroups.com
>> Subject: [id-android] OOT/Share: Kecewa Telkomsel atas pencurian pulsa via
> sms premiumnya
>>
>> Selamat malam para rekan milist Gadtorade yg saya hormati,
>>
>> Izinkan saya share kekecewaan saya terhadap Telkomsel sesuai subject di
>> atas.
>>
>> Kebetulan saya pengguna aktif gadget Android dan (sebelumnya) blackberry
> via
>> Telkomsel.
>>
>> Ceritanya begini:
>>
>>
>>
>> Hari ini saya kaget karena setelah menelpon Customer Service kartu Halo,
>> saya mendapati bahwa saya terdaftar pada sms premium berlangganan dengan
>> kode 9388 aktif mulai hari ini juga (4 Oct 2011) dengan tarif
>> Rp2,000.00/sms. Padahal saya tidak pernah melakukan registrasi apapun
> dengan
>> sengaja/sadar. Saya tidak butuh sms promosi semacam itu dan terlalu sibuk
>> untuk menanggapinya apalagi sampai dengan sadar mendaftarkan nomor saya ke
>> sms premium semacam itu. Menurut saya pribadi, ini adalah salah satu
> bentuk
>> kejahatan berupa pencurian uang melalui pulsa telepon dengan tanpa
>> persetujuan secara sadar dari customer seperti saya.
>>
>>
>> Saya adalah pelanggan kartu Halo Telkomsel sejak skitar 5-6 tahun
> terakhir.
>> Dari dulu saya mulai curiga kenapa tagihan sms saya selalu tinggi, padahal
>> seingat saya seharusnya tidak setinggi itu, dan baru akhir akhir ini saja
>> saya sadar akan keberadaan sms "garong" itu.
>>
>>
>> Hari ini, 4 Oktober jam 8:30an PM, saya telah menelpon Customer Service di
>> nomor telpon 111 berbicara dengan mba Saskia. Dari dia saya mendapat
>> informasi bahwa nomor saya berlangganan sms premium berbayar, yaitu dari
>> 9388 aktif mulai 4 Oct 2011, dan dari 32665 aktif mulai 13 April 2011.
>> Sebelumnya saya juga sudah memberhentikan (via CS juga) dua nomor sms
>> premium dari 9200 dan 2003. Tapi saya heran, kenapa akhir akhir ini saya
>> menerima layanan serupa dari dua nomor baru yang saya tidak merasa, dengan
>> sadar untuk setuju berlangganan kepadanya. Bahkan ada sms premium (9388)
>> yang mulai aktif per hari ini di mana saya tidak melakukan registrasi
>> apapun. Saya hanya menerima sms dari nomor tersebut (9388) hari ini 4 Oct
>> 2011 pukul 20:22 (jam HP saya) dengan bunyi: "Maaf anda blm beruntung.
> Anda
>> merupakan pengirim ke 144012, coba lagi ktk UNTUNG ke 6288 utk Bonus PULSA
>> 25rb. Berlaku utk pengirim ke-100 & kelipatannya." Padahal sumpah demi
> Allah
>> saya tidak pernah dengan sengaja/sadar telah melakukan registrasi ke nomor
>> itu. Nah anehnya ketika saya hubungi mba Saskia, beliau menginformasikan
>> bahwa sms itu berbayar, dengan tarif rata-rata Rp2,000/sms. Spontan saya
>> kaget.
>>
>>
>> SMS semacam ini tentu saja sangat merugikan saya secara pribadi. Kerugian
>> saya meliputi kerugian finansial dan kerugian immaterial, karena sering
>> sekali saya terima sms di saat-saat ketika saya tidak menginginkannya,
> misal
>> ketika saya di tengah-tengah meeting dengan rekan bisnis/kerja, dan bahkan
>> beberapa sms datang saat tengah malam ketika saya sudah pada posisi hendak
>> tidur. Betapa terganggunya diri saya ketika harus bergerak dari tempat
> tidur
>> untuk mengambil HP dengan bayangan di benak saya bahwa ada SMS penting
> masuk
>> dari rekan kerja maupun kerabat saya lainnya, dan ternyata sms tersebut
>> adalah dari operator dengan nomor premium seperti tersebut di atas. Sudah
>> mengganggu kenyamanan saya di tengah malam, juga merugikan saya secara
>> finansial karena saya harus menanggung biaya pulsanya.
>>
>>
>> Akhirnya malam ini, 4 Oct 2011 jam 8:30an malam, saya tegaskan kepada
> pihak
>> CS di nomor 111 (mba Saskia) bahwa saya tolong diberhentikan dari semua
> sms
>> berbayar yang saat ini terasosiasi dengan nomor saya ini, dan untuk
> kemudian
>> memberikan jaminan kepada saya bahwa nomor saya tidak akan pernah diganggu
>> lagi dengan nomor-nomor sms berlangganan serupa ke depannya, per detik ini
>> juga.
>>
>>
>> Mba Saskia bilang bahwa dia sudah me-de-registrasi nomor saya dari sms
>> berlangganan tersebut. Namun beliau tidak bisa memberikan jaminan pasti
>> bahwa saya tidak akan pernah lagi menerima sms serupa ke depannya.
>>
>>
>> Dari situ, saya jadi bertanya, jadi siapakah yang bertanggung jawab atas
>> kejadian ini semua? Siapakah yang telah sengaja, terencana, dan sistematis
>> telah mencuri pulsa saya, tanpa adanya persetujuan dari saya secara
>> tertulis/sadar?
>>
>> Apakah begini pelayanan dari Telkomsel yang notabene perusahaan BUMN
> dengan
>> jumlah pelanggan aktif terbesar di Indonesia ini? Apakah justru karena
>> statusnya yang BUMN itu maka dia berisikan SDM yang tidak begitu
> menghormati
>> hak hak dan privasi dari para pelanggannya? apa iya? Tentu saja itu semua
>> adalah pertanyaan dari diri saya pribadi, selaku pelanggan aktif dari
>> Telkomsel.
>>
>>
>> Tulisan ini saya buat sebagai bentuk kekecewaan saya terhadap Telkomsel
> yang
>> telah setia melayani kebutuhan telekomunikasi saya, baik dari segi
>> komunikasi telepon, sms, dan data service untuk Android dan Blackberry
> saya.
>> Tanpa bermaksud mendeskreditkan pihak2 tertentu, saya hanya menuntut hak,
>> privasi, dan keadilan buat diri saya dan pelanggan yang mirip dengan saya.
>>
>>
>> Demi kesuksesan bisnis anda ke depannya, saya meminta Telkomsel untuk
> lebih
>> menghormati hak, privasi, dan keadilan buat para pelanggannya. Jangan
>> menjadi maling yang tidak bertanggung jawab!!!
>>
>>
>> Salam MERDEKA!!!
>>
>> Jakarta, 4 October 2011 9:07PM.
>>
>>
>> PS. Adakah rekan member gadtorade/id-android yang bisa membantu mengatasi
>> masalah saya tersebut di atas, secara permanen?
>>
>> --
>> Thx.
>>
>> --
>> "Indonesian Android Community" Join: http://forum.android.or.id
>>
>> ===============
>> Join ID-ANDROID Developers
>> http://groups.google.com/group/id-android-dev
>> ---------------------
>> Gunakan Paket Unlimited Data XL Mobile Broadband
>> http://www.xl.co.id/XLInternet/BroadbandInternet
>> --------------------
>> PING'S Mobile - Plaza Semanggi
>> E-mail: info@pings-mobile.com Ph. 021-25536796
>> --------------------
>> i-gadget Store - BEC Bandung
>> E-mail: ary@i-gadgetstore.com Ph. 0812-21111191
>> --------------------
>> Toko EceranShop - BEC Bandung
>> E-mail: willy@eceranshop.com Ph. 0815-56599888
>> ===============
>>
>> Aturan Jualan dan Kloteran ID-Android http://goo.gl/YBN21
>>
>> --
>> "Indonesian Android Community" Join: http://forum.android.or.id
>>
>> ===============
>> Join ID-ANDROID Developers
>> http://groups.google.com/group/id-android-dev
>> ---------------------
>> Gunakan Paket Unlimited Data XL Mobile Broadband
>> http://www.xl.co.id/XLInternet/BroadbandInternet
>> --------------------
>> PING'S Mobile - Plaza Semanggi
>> E-mail: info@pings-mobile.com Ph. 021-25536796
>> --------------------
>> i-gadget Store - BEC Bandung
>> E-mail: ary@i-gadgetstore.com Ph. 0812-21111191
>> --------------------
>> Toko EceranShop - BEC Bandung
>> E-mail: willy@eceranshop.com Ph. 0815-56599888
>> ===============
>>
>> Aturan Jualan dan Kloteran ID-Android http://goo.gl/YBN21
>
> --
> "Indonesian Android Community" Join: http://forum.android.or.id
>
> ===============
> Join ID-ANDROID Developers
> http://groups.google.com/group/id-android-dev
> ---------------------
> Gunakan Paket Unlimited Data XL Mobile Broadband
> http://www.xl.co.id/XLInternet/BroadbandInternet
> --------------------
> PING'S Mobile - Plaza Semanggi
> E-mail: info@pings-mobile.com Ph. 021-25536796
> --------------------
> i-gadget Store - BEC Bandung
> E-mail: ary@i-gadgetstore.com Ph. 0812-21111191
> --------------------
> Toko EceranShop - BEC Bandung
> E-mail: willy@eceranshop.com Ph. 0815-56599888
> ===============
>
> Aturan Jualan dan Kloteran ID-Android http://goo.gl/YBN21

--
"Indonesian Android Community" Join: http://forum.android.or.id
 
===============
Join ID-ANDROID Developers
http://groups.google.com/group/id-android-dev
---------------------
Gunakan Paket Unlimited Data XL Mobile Broadband
http://www.xl.co.id/XLInternet/BroadbandInternet
--------------------
PING'S Mobile - Plaza Semanggi
E-mail: info@pings-mobile.com Ph. 021-25536796
--------------------
i-gadget Store - BEC Bandung
E-mail: ary@i-gadgetstore.com Ph. 0812-21111191
--------------------
Toko EceranShop - BEC Bandung
E-mail: willy@eceranshop.com Ph. 0815-56599888
===============
 
Aturan Jualan dan Kloteran ID-Android http://goo.gl/YBN21

No comments:

Post a Comment