Thursday, October 6, 2011

Re: Killing field Re: [id-android] Wti : OOT, steve jobs passed away

Yah...... ibarat manusia, platform android ini kan masih terbilang abg. Masih remaja. Masih jauh dari dewasa. Wajar saja kalau masih abg itu pasti kebut-kebutan di performa fisik dulu, belum ada kedalamannya.

Kalau windows dan apple kan sudah sampai fase mature-nya. Sudah habis-habisan explor hardware sampai batas maximum. Meski kata orang, langit itu tak berbatas. Di atas langit selalu ada langit lagi.

Jadi kalau nanti android semakin beranjak dewasa, bagaimanapun juga akan dieksplor juga estetika style-nya, software AI-nya, intuitive design-nya. Jadi akan semakin ramah ke konsumen. Semakin ramah bukan berarti semakin kencang prosesornya lho. Itu kan prasyarat awal saja.

Jangankan killing field di hardware, market pun juga jadi ajang killing field di aplikasi. Betapa banyak aplikasi office bermunculan, untuk fungsi yang sama persis. Dan di semua kategori aplikasi, killing field itu terjadi setiap hari. Itulah realitas kompetisi. Sulit untuk menghindari munculnya chaos dan tabrakan dari segala arah.

Google tidak akan bisa mendirect pertumbuhan android, atau berlaku sebagai dirigen orkestra. Google hanya dapat menyediakan ekosistem saja. Apakah di dalam ekosistem itu muncul binatang ganas yang merusak ekosistemnya sendiri, itu hanya sekedar konsekuensi saja.

Pada akhirnya, perusahaan hardware pasti akan menyadari, sia-sia mereka memberikan spesifikasi prosesor setinggi langit, kalau tidak dibarengi dengan pengoptimalan OS dan semua aplikasinya. Dan tugas itu tidak bisa dibebankan kepada google dan software developer saja. Karena mereka pasti akan selalu ketinggalan kereta dibanding R&D hardware-nya.

Sederhananya, kalau hari ini keluar android quad core, mungkin orang tidak akan berhasil menemukan perbedaan real life function apapun juga dengan dual core. Beda sekali dengan windows. Aplikasi spesifik yang running di windows memang sudah siap memanfaatkan semua progress di teknologi hardware-nya.

Ini diskusi yang sangat menarik. Tapi saya tidak akan kaget dengan resiko HH di tangan saya akan cepat usang dalam beberapa bulan saja. Bukan karena saya punya kocek berlebih untuk hal ini. Tapi karena dari dulu saya punya banyak cara untuk mengambil manfaat dan menikmati teknologi. Dan kebebasan itu saya dapatkan di android. Tidak di ekosistem yang lain.

Salam,
Iwan Suryolaksono

--
"Indonesian Android Community" Join: http://forum.android.or.id
 
===============
Join ID-ANDROID Developers
http://groups.google.com/group/id-android-dev
---------------------
Gunakan Paket Unlimited Data XL Mobile Broadband
http://www.xl.co.id/XLInternet/BroadbandInternet
--------------------
PING'S Mobile - Plaza Semanggi
E-mail: info@pings-mobile.com Ph. 021-25536796
--------------------
i-gadget Store - BEC Bandung
E-mail: ary@i-gadgetstore.com Ph. 0812-21111191
--------------------
Toko EceranShop - BEC Bandung
E-mail: willy@eceranshop.com Ph. 0815-56599888
===============
 
Aturan Jualan dan Kloteran ID-Android http://goo.gl/YBN21

No comments:

Post a Comment