Wednesday, January 9, 2013

Re: [id-android] Re: WTShare: Penipu lebih Canggih?

Menarik om andri updatenya, entah ini memang modus si penipu yg keukeuh nipu atau memang terjadi ksalah pahaman,
Yg jelas infonya berguna bagi saya,
Terima kasih..
Ronald
Web & mobile developer
Pin : 26AFFB2A,kriwelz@gmail.com from andromax-i

From: Andri Fitriyadi <androfitapple@gmail.com>
Sender: id-android@googlegroups.com
Date: Tue, 8 Jan 2013 09:57:20 +0700
To: Milis Android<id-android@googlegroups.com>
ReplyTo: id-android@googlegroups.com
Subject: [id-android] Re: WTShare: Penipu lebih Canggih?

Update: 

Hari ini orang yang bernama Beny ini kontak dengan nomor kontak berbeda. Karena nomornya berbeda saya angkat, setelah dia memperkenalkan namanya dan bilang tentang kontrakan, saya bilang maaf ya mas saya tidak kontrak rumah soalnya saya sudah punya rumah sendiri.

Tidak lama kemudian, ada orang lain telepon bilang temannya Pak Beny (Kusno) mau konfirmasi tentang kontrakan. Saya kembali katakan bahwa saya tidak mengontrak rumah siapapun. Akhirnya Bapak Kusno ini mengirimkan e-mail seperti ini:

"Selamat pagi pak Andry, saya kusno saudaranya Beny pemilik rumah yg bapak tempatin, mau kasih info bahwa pertanggal 1 peb, rumahny akan ditempatinya dan tidak akan dikontrakan. kami mohon kalau kurang jelas ke rumah saya di tomang blok b3/18."

Sampai titik ini saya sudah merasa terganggu dengan sms dan telepon ini karena sudah ditegaskan dari awal bahwa saya tidak mengontrak rumah siapapun.

Akhirya saya kirim sms berikut:

"Saudara Beny dan kawan-kawan. Mohon anda tidak lagi kontak saya untuk menanyakan masalah kontrakan karena saya tidak pernah sekalipun mengontrak rumah yang Bapak maksudkan. Sekarang saya sedang bersama kakak sepupu yang bekerja di bareskrim polri. Beliau menyarankan kalau ada telepon2 yang mencoba menipu dengan dalih kontrakan, langsung saja direkam di hp. Nanti, nomor telepon dan nomor rekening yang diberikan oleh sang penelepon akan menjadi barang bukti untuk penyidikan lebih lanjut. Nomor hape bisa menjadi penunjuk dimana sang penelepon penipu itu berada. Dan nomor rekening akan bisa menjadi bukti lanjutan untuk diproses oleh kepolisian"

Tidak berapa lama sms masuk dari nomor telepon pertama (+6281384511651) sebagai berikut:

"Pak, sy nanya baik2, karena nmr ini yg dulu ngontrak rumah sy dan sy sdh coba temui langsung k rmhnya selalu terkunci, makanya sy cuma  bs confirm k nmr ini, kalau bapak komunikatif sy bisa mengerti, MUNGKIN NMR INI SALAH ATAU SDH BERPINDAH TANGAN SY NDAK TAHU".

Hmmm...saya cuma balas seperti ini:

"Baik. Bapak salah nomor ya. Silakan cari nomor telepon pengontrak yang asli. Saya tidak akan mempermasalahkan lagi dan cukup sampai disini"


Demikian ending-nya. Semoga telepon dan sms nyasar seperti ini tidak terulang lagi.

Salam,

Andri Fitriyadi

2013/1/6 Andri Fitriyadi <androfitapple@gmail.com>
Selamat malam semua,

Malam ini saya mendapatkan SMS dari Nomor +6281384511651 dengan bunyi sebagai berikut:

"Maaf...Mlm pak andri sy Beny dari pemilik rmh yg d pondok rejeki kotabumi, sy dah tlp ndak d angkat2, lwt sms ini sy infokan untuk kontrak rmh mhn maaf ndak bisa d perpanjang, karena mau d pakai sendiri, mhn maklum"

Sebenarnya sms seperti tersebut diatas hampir sama dengan sms-sms tentang 'kabar kontrakan' sebelumnya. Yang saya kagetkan adalah pencantuman nama saya (biasanya tidak pakai nama) dan pro-aktifnya sang penipu karena memang benar dari data missed call ada telepon dari ybs pukul 8:21 malam ini.

Sebagai catatan bahwa nomor handphone saya ini hanya saya cantumkan dalam transaksi melalui miling list (Milis id-android dan id-ipad) dan forum kaskus. Selain itu kemungkinan juga bisa dari para sales kartu kredit yang memang sudah memiliki database nomor saya dari pihak lain.

Kesimpulan?

Mohon kewaspadaan rekan-rekan dengan hal ini. Setelah kejadian Pak HSW kemarin rupanya 'jaringan' yang seperti ini menjadi 'agak' lebih cerdas jadi tidak lagi salah menyebut nama orang yang mereka telepon.

Demikian share dari saya semoga menjadi lebih waspada.

Salam,

Andri Fitriyadi 


--
==========
Download Aplikasi Kompas versi Digital dan Keren
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kompas.android.kec
--------------------------
Download Aplikasi AR "MONSTAR" dari Indosat
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ar.monstarunity
---------------------
Galaxy Note 2 Best Deal Rp. 6,499rb hanya di Multiply.com!
Garansi resmi. Dapatkan segera! http://bit.ly/gaddrotor
--------------------
Web + email + domain .web.id: 75rb / TAHUN - http://www.hostune.com
--------------------
Aturan Umum ID-Android: http://goo.gl/MpVq8
Join Forum ID-ANDROID: http://forum.android.or.id
==========
 
 

No comments:

Post a Comment