Saturday, July 20, 2013

[id-android] WTI: Aneka Power Bank, Mulai Tambun hingga Seukuran Lipstik

Saya lupa sudah pernah memposting materi ini atau belum. Sepertinya sih belum. CMIIW.
 
Posting ini dilengkapi foto. Tak terlihat? Silakan masuk ke http://goo.gl/r4FuJc
 
Tautan di atas boleh Anda copy paste dan informasikan kepada orang lain.
 
Seperti biasa, setiap kali usai mengunggah naskah baru, saya akan menginformasikannya via Twitter @herrysw
 

Bervariasinya permintaan dan selera konsumen mendorong munculnya power bank dengan berbagai ukuran. Ada yang bertubuh tambun, ada pula yang mungil laksana lipstik. Konsumen bebas memilih sesuai kebutuhan dan selera.

Joway JP15. Kapasitasnya 15.000 mAh, terbesar dibandingkan seluruh power bank yang dibahas di tulisan ini. Ia mempunyai output ganda, 1 Ampere (A) dan 2 A, yang kompatibel dengan beraneka tipe ponsel maupun tablet.

Bodi dengan sentuhan akhir yang prima dan tersedianya lampu senter menjadi nilai tambah JP15. Paket penjualannya menyertakan sebuah kabel, konektor micro USB, dan konektor Apple keluaran lama (30 pin).

Merek Joway memang terdengar sangat asing di telinga. Namun, merujuk pada hasil uji pakai, JP15 yang dijual Rp 550 ribu terbukti bukan produk abal-abal dengan kualitas ala kadarnya. Ia pantas dibeli oleh pemilik banyak acang.

Delcell P40. Bodinya terlihat mewah dan elegan. Tebalnya cuma sembilan milimeter. Sisi mukanya berwarna perak, sedangkan sisi belakangnya krom. Satu konektor output di peranti seberat 128 gram itu mampu melewatkan arus listrik 1 A.

Baterai lithium polymer 4.000 mAh dibenamkan ke P40. Untuk mengetahui kapasitas tersisa, pengguna cukup mengusapkan jari ke touch display. Semakin banyak lampu biru yang menyala bermakna semakin banyak daya yang tersisa.

Pesan penulis, sisi muka P40 jangan sampai terkena benda tajam. Sebab, goresan yang mungkin timbul akan mudah terlihat sehingga peranti itu menjadi kurang sedap dipandang mata. Paket penjualan P40 termasuk sebuah kabel micro USB. Saat ini ia dijual Rp 299 ribu.

The Slim Bazel 5000. Dengan dimensi fisik 60 x 116 x 12 milimeter, power bank berkapasitas 5.000 mAh itu masih pantas disebut ramping. Motif kotak-kotak di sisi muka yang berwarna putih susu mengilap membuatnya terlihat lebih cantik. Konektor output-nya hanya satu dan mampu melewatkan arus maksimal 1 A.

Pembeli Bazel 5000 yang dibanderol Rp 248 ribu itu akan memperoleh kabel dan aneka konektor. Di antaranya, konektor mini USB, micro USB, Nokia dua milimeter alias colokan bundar kecil, dan Apple iPhone/iPod 30 pin.

Mix Style. Ukurannya mungil, setara dengan lipstik dan bisa dijadikan gantungan kunci. Warna merah mudanya feminin, berpotensi memikat wanita. Ia juga memiliki satu kemampuan unik, yaitu bodinya dapat memancarkan aroma wangi.    Sayang, performa power bank dengan harga jual normal Rp 150 ribu itu terburuk di antara power bank lain yang dikupas penulis. Diklaim berkapasitas 2.600 mAh dan output 1 A, kenyataannya di bawah itu. Kapasitasnya sekitar 1.800 mAh saja dengan output maksimal 0,7 A. Kabel micro USB bawaannya juga pilih-pilih. Dipadukan dengan ponsel A lancar, tetapi bermasalah kala dipasangkan dengan ponsel B.

Di iklan, Mix Style dibilang mampu mengisi ulang baterai BlackBerry 2-3 kali. Percayalah, hal itu mustahil terwujud, kecuali pengisiannya cuma asal ditancapkan beberapa menit. Ssst… ada yang lucu di kemasannya. Kalimat yang tercetak di bagian belakang kardus adalah mobile power brank. Ya, power brank!

 

Salam,

 

Herry SW

No comments:

Post a Comment