Wednesday, June 30, 2010

[id-android] WTI: Tersindir, Google Perketat Aplikasi di Android Market

NEW YORK - Aplikasi di Android Market pernah disindir karena satu di antara lima aplikasi Android yang ada di Android Market diklaim dapat berubah menjadi aplikasi jahat karena memiliki sistem yang lemah dan dapat disiasati oleh hacker.

Ya, Google telah mengkonfirmasi bahwa ada dua aplikasi yang dihapus dari Android, setelah aplikasi ditemukan melanggar kebijakan toko Google. Dua aplikasi tidak disebutkan namanya. Namun menurut mereka aplikasi tersebut dibuat dalam rangka untuk mendorong download data pribadi secara ilegal.

Akan tetapi Rich Cannings, spesialis keamanan dari tim Google Android, mengatakan bahwa aplikasi tersebut dibuat oleh seorang peneliti keamanan untuk tujuan penelitian, dan bahwa perangkat lunak itu tidak digunakan untuk kejahatan, juga tidak mengakses data pribadi dari pengguna yang menginstal aplikasi tersebut.

"Baru-baru ini, kita menjadi sadar, dari dua aplikasi gratis yang dibangun oleh seorang peneliti keamanan untuk tujuan penelitian. Aplikasi ini sengaja salah mengartikan tujuan mereka dalam rangka untuk mendorong pengguna mengunduh data pribadi, tapi mereka tidak dirancang untuk digunakan jahat, dan tidak memiliki izin untuk mengakses data pribadi," tulis Cannings dalam blognya, yang dilansir PC World, Rabu (30/6/2010).

"Namun peneliti tersebut secara sukarela menghapus aplikasi dari Android Market," tambahnya.

Menurut penelitian, ribuan aplikasi Android tersebut kebanyakan dibuat oleh pihak ketiga. Aplikasi tersebut dapat mengakses informasi pribadi dan sensitif yang dimiliki oleh pengguna android. Hal inilah yang mampu menarik minat hacker untuk membobol aplikasi tersebut dan menungganginya untuk kepentingan berbahaya.

Sebagai informasi tambahan, sekira lima persen dari aplikasi dalam riset tersebut memiliki kemampuan untuk melakukan panggilan telepon ke semua nomor ponsel tanpa membutuhkan ijin dari pengguna. Sedangkan dua persen di antara aplikasi tersebut dapat secara langsung melakukan pengiriman SMS ke nomor premium tanpa sepengetahuan pengguna.
(tyo)
http://techno.okezone.com/read/2010/06/30/325/348111/tersindir-google-perketat-aplikasi-di-android-market


--
Salam,


Agus Hamonangan

http://groups.google.com/group/id-android
http://groups.google.com/group/id-gtug
Gtalk  : agus.hamonangan
Follow : @agushamonangan
E-mail :  id.android@gmail.com

--
"Indonesian Android Community [id-android]"
 
Join: http://groups.google.com/group/id-android/subscribe?hl=en-GB
Moderator: id.android@gmail.com
ID Android Developer: http://groups.google.com/group/id-android-dev
ID Android Surabaya: http://groups.google.com/group/id-android-sby
ID Android on FB: http://www.facebook.com/group.php?gid=112207700729

No comments:

Post a Comment