Friday, June 28, 2013

Re: [id-android] WTShare: Playstore, anak polah bapak kepradah

Teman yg pakai Tablet S cerita dia pakai multiple profile supaya ga jebol tagihan PlayStorenya
Ntah apakah tablet lain sudah mendukung multiple profile seperti itu atau tidak
God made heaven and earth, the rest of all are Made in China

From: gunggu <gunggu@gmail.com>
Sender: id-android@googlegroups.com
Date: Sat, 29 Jun 2013 11:46:56 +0700
To: <id-android@googlegroups.com>
ReplyTo: id-android@googlegroups.com
Subject: [id-android] WTShare: Playstore, anak polah bapak kepradah

Saya sempat baca berita di detik salah seorang selebriti yang harus bayar hingga 8 juta karena anaknya abusing game di iOS, kebetulan saya pernah mengalami hal yang serupa dengab Playstore.

Suatu hari saya keluar kantor untuk menjemput anak saya, di mobil dia pinjam tablet untuk mainan. Sesampainya di rumah, saya lupa meminta kembali. Biasanya juga kalau di rumah dia pinjam buat mainan, kebetulan waktu itu sedang suka dengan game ski adventure.

Saya kemudian kembali ke kantor, sambil bekerja, beberapa kali saya dengar ponsel berbunyi tanda email masuk. Setelah agak longgar saya cek email, ternyata ada beberapa receipt dari play store atas in app purchase dari game tersebut di atas.

Saya berpikir sejenak dan akhirnya sadar jikalau anak saya di rumah yang sedang bertransaksi. Akhirnya saya langsung telpon ke rumah dan minta baby sitter untuk menghentikan permainan anak saya (anak saya umurnya waktu itu 3 tahun). Pulang kantor saya berusaha memberitahukan anak saya mengenai hal ini tapi sepertinya dia kurang paham.

Malam itu saya langsung cari tablet baru di toko buat anak saya pakai sendiri. Saya login dan install aplikasi dan game yang saya beli kemudian logout dan bikin google id baru khusus untuk dia.

Kerugian akibat in app purchase cukup lumayan bisa buat beli tablet lokal yang murah. Saat itu saya belum kepikiran punya solusi yang lain selain membelikan tablet khusus buat anak saya, karena di android tidak ada native child mode seperti di WP.

Apakah ada rekan rekan yang mengalami hal serupa? Solusi apa saja yang dipakai untuk menghindari hal serupa dapat terjadi lagi?

--
==========
 
INDOSAT SUPER 3G plus
http://www.indosat.com/Personal/Internet/INDOSAT_SUPER_3G_plus
---------------------
ID-Android on YouTube
https://www.youtube.com/watch?v=0u81L8Qpy5A
--------------------
Web Hosting, Zimbra Mail Server, VPS gratis Raspberry Pi : http://www.hostune.com
--------------------
Aturan Umum ID-Android: http://goo.gl/MpVq8
Join Forum ID-ANDROID: http://forum.android.or.id
==========
---
Anda menerima pesan ini karena Anda berlangganan grup "[id-android] Indonesian Android Community " dari Grup Google.
Untuk berhenti berlangganan dan berhenti menerima email dari grup ini, kirim email ke id-android+berhenti berlangganan@googlegroups.com .
 
 

No comments:

Post a Comment