Saturday, April 26, 2014

[id-android] WTI :Review V-GeN S1 Zeus

Review dan foto-foto lengkap bisa dilihat di link ini : http://krilozh.blogspot.com/2014/04/review-v-gen-zeus-s1.html

Review: V-GeN S1 Zeus


Nama V-GeN sebenarnya bukan nama yang asing bagi penggemar gadget. Selama ini kita mengenal nama V-GeN adalah sebuah merk memory card. Kok sekarang ada smartphone dengan merk V-GeN? Mungkin V-GeN sedang mencoba peruntungan dengan masuk ke dunia Smartphone. Mari kita lihat kiprah V-GeN di dunia smartphone. V-GeN saat ini sedang membuka pre order di websitenya sampai dengan tanggal 28 April 2014 dengan harga Rp 3.588.000, terdapat potongan discount sebesar Rp 300.000 dari harga Rp 3.888.000.

Nama Zeus mengingatkan kita akan cerita tentang raja para dewa dalam mitologi Yunani. Mungkin inilah alasan dari V-GeN menggunakan nama Zeus, karena ingin smartphone ini menjadi raja dari semua smartphone.

Spesifikasi Singkat
- Network : GSM 900 / 1800 / 1900 Mhz, 2G & 3G
- Sim Card : Dual on
- Dimensi : 140 x 72 x 9,5mm
- Berat : 170gram
- Ukuran layar : 5" Full HD 1920 x 1080 pixel multitouch (5 titik)
- RAM : 1GB
- Internal Memory : 16GB
- External Memory : micro sd up to 32GB
- Kamera belakang : 13MP (4864 x 2736) Flash
- Kamera depan : 5MP (2560 x 1920)
- Prosesor : Octa-core Mediatek MTK6592 1,7GHz
- GPU: Mali 450 MP
- Baterai : Li-Ion 1750mAh
- FM Radio : Ada
- Operating System : Android 4.2.2 (Jelly Bean)

Dimensi
Dengan dimensi 140 x 72 x 9,5mm membuat smartphone ini pas di genggaman. Sekilas dilihat build qualitynya lumayan bagus walaupun belum bisa disejajarkan dengan merk-merk global lainnya. Layar 5inchi-nya dengan ukuran piksel 1920 x 1080 yang cerah membuat kesan wah, bahkan bisa dibilang sangat cerah.

Internal Memory
Internal memory seharusnya 16GB, tapi terbagi 2. 11,55GB untuk file multimedia, video, dan lain-lain. 1,97GB untuk aplikasi yang terinstal.

User Interface
User interface dari smartphone ini menggunakan AOSP, sama sekali tidak ada kustomisasi yang dilakukan oleh V-GeN. Karena tidak adanya kustomisasi ini membuat pergantian antar menu sangat smooth. Selama penulis pakai, tidak ada kendala apapun dalam pengoperasiannya.

Pengoperasian Kamera
Kamera dari smartphone ini mempunyai fitur autofokus otomatis. Ketika kita masuk ke menu kamera tunggu selama kira-kira sedetik akan muncul kotak berwarna putih yang dalam seketika akan berubah warna menjadi hijau. Warna hijau ini merupakan tanda bahwa gambar sudah fokus di area dalam kotak. Untuk mengganti area fokus sesuai dengan yang kita inginkan, tinggal sentuh area lain dan tahan dalam 1 detik kotak putih akan berubah menjadi hijau. Kemudian tekan tanda lingkaran untuk mengambil gambar.

Ada 1 fitur yang membuat penulis kagum, yaitu fitur "auto capture when smile detected". Fitur ini hanya bisa dijalankan dengan kamera belakang. Cukup sentuh icon smiley di dalam menu kamera dan hadapkan wajah anda ke kamera belakang dari smartphone ini, gambar anda akan terambil secara otomatis. Bagi yang doyan foto selfie pasti akan sangat menyukai fitur ini. 

Anda bisa mengedit foto yang sudah anda ambil dengan fitur bawaan dari smartphone ini. Dalam menu gallery, dalam posisi view salah 1 foto, di bagian kiri bawah akan ada icon 3 lingkaran. Klik icon tersebut, setelah itu akan muncul banyak menu untuk peng-edit-an foto.

Hasil Foto
Bisa dilihat di link yang saya berikan di atas.

Games dan Multimedia
Untuk menguji kehebatan GPU Mali450MP-nya, penulis mencoba menjalankan beberapa game kelas berat, seperti Clash of Clans, The Amazing Spiderman, Real Racing 3, The Adventure of Tintin, dan Need For Speed : Most Wanted. Semua game berjalan lancar, tidak ada kendala apa pun.

Tapi ada dua kelemahan yang penulis temukan, yaitu yang pertama smartphone ini mudah panas ketika memainkan game. Penulis merasakan bagian layar atas panas melebihi normal ketika memainkan game Clash of Clans selama 5 menit. Pernah suatu kali karena saking panasnya muncul peringatan di layar "Your battery is over temperature, please remove the battery!". Kelemahan yang kedua adalah layar sering tidak merespon di titik-titik tertentu ketika disentuh pada saat penulis memainkan game Clash of Clans. Ketika layar di-zoom dekat, sentuhan di titik-titik tersebut menjadi  merespon kembali.

Untuk menguji video, penulis mencoba memutar beberapa file video beresolusi 720p, 1080p, 2K, dan 4K menggunakan video player bawaan aslinya. Video 720p dan 1080p berjalan dengan lancar, tapi video 2K dan 4K tidak bisa diputar. Penulis mencoba memutar dengan aplikasi Mobo Player, hal yang sama terjadi, yang bisa diputar hanya video 720p dan 1080p, sedangkan video 2K dan 4K hanya muncul suaranya.

Uji Antutu
Hasil uji antutu menunjukkan score 26549, terlihat di grafik score-nya berada di atas HTC One dan di bawah Samsung Galaxy S4. Not bad.

Android Sensor Box
Sensor yang ada berdasarkan hasil uji aplikasi Android Sensor Box:
- Light Sensor
- Proximity Sensor
- Sound Sensor

Sensor yang tidak ada:
- Accelerometer Sensor
- Orientation Sensor
- Temperature Sensor
- Gyroscope Sensor
- Magnetic Sensor
- Pressure Sensor

Performa Baterai
Kondisi dual sim card on dan wifi on setiap saat : 15jam 22menit dengan screen time on 2jam 41menit

Kondisi dual sim card on dan tanpa wifi sama sekali : 11jam 17menit dengan screen time on 1jam 47menit

Kondisi single sim card on dan wifi on hanya 8jam 40 menit : 20jam 57menit dengan screen time on 1jam 45menit

Kesimpulan
Kelebihan:
- Prosesor octa core
- Daya tahan baterai lumayan irit
- Tampilan UI AOSP, mirip Nexus, pergantian menu sangat smooth
- Resolusi layar Full HD 1920 x 1080 pixel
- Harga terjangkau

Kekurangan:
-  Mudah panas
- Pada saat bermain game Clash of Clans, touchscreen sering tidak merespon titik-titik tertentu ketika disentuh
-  Banyak sensor hardware yang tidak tersedia

Untuk para gamers, saya sarankan untuk tidak membeli smartphone ini. Untuk pengguna bukan gamers, smartphone ini cukup layak untuk dibeli.

--
==========
Berubah menjadi lebih terkendali bersama @kartuHalo Halo Fit Hybrid
Info Lengkap >> tsel.me/halohybrid #KendalikanHidup
-------------------
Gunakan layanan Hosting Indonesia yang stabil, terjangkau dan aman
Kunjungi >> http://www.Qwords.com
--------------------
ID-Android on YouTube
https://www.youtube.com/watch?v=0u81L8Qpy5A
--------------------
Kontak Admin, twitter @agushamonangan
 
Aturan Umum ID-ANDROID >> http://goo.gl/NfzSGB
 
Join Forum ID-ANDROID >> http://forum.android.or.id
==========
---
Anda menerima pesan ini karena berlangganan grup "[id-android] Indonesian Android Community " di Google Grup.
Untuk berhenti berlangganan dan berhenti menerima email dari grup ini, kirim email ke id-android+unsubscribe@googlegroups.com.
Kunjungi grup ini di http://groups.google.com/group/id-android.

No comments:

Post a Comment