Sunday, August 5, 2012

[id-android] WTI Review Pantech Element, Android Tablet 8"

Berawal dari rasa penasaran akan tablet ini, akhirnya bisa kantongin juga..

Perkenankan saya mereview tablet unik ini..
Direview ini, saya juga lampirkan beberpa screen shot dan foto penampakan fisik serta hasil jepretan camera indoor dan outdoor
Mohon maaf jika refiew ini kurang enak di baca dan kurang detail..


Rasa pertama kali pegang tablet keluaran Pantech benar benar asyik, merek lawas yang baru aja merilis tablet pertamanya di ajang CES 2012 dan di pamerkan ke publik luas dengan mengandeng At&t sebagai operator pendukung..

Tablet ini di jual dengan atau tanpa bundling kontrak dari At&t, dengan harga bunding sekitar 299$ atau tanpa bunding dengan harga kisaran 499$
Pantas saja tablet ini harus di unlock dahulu untuk bisa di gunakan di beberapa negara..

Indonesia misalnya, tidak terlalu banyak orang yang tau tentang product ini ( ndak pasaran ) dan tidak seperti tablet pada umumnya yang saya lihat bagai kacang goreng, merk-merk pada mengeluarkan product tablet.

Tablet keluaran Pantect dengan kodename Element ini di persenjatahi dengan processor dual core 1.5Ghz keluaran Qualcomm, Ram 1GB dan internal storage 16GB.

Spec yang lumayan tinggi untuk tablet dikelasnya..
layar dengan teknologi VIVID HD dengan resolusi 1034x768 yang sangat jernih dan enak di pakai di ruangan sangat terang dan gelap.
bahkan untuk pemutar video, kualitas gambar sangat jernih dan halus.
Dengan kapasitas 6400mAh mampu bertahan hampir seharian dengan penggunaan normal, sunggu ukuran yang cukup besar untuk di bawa mobilitas sehari hari di lapangan..
waktu pengisian daya sendiri memakan waktu cukup lama sekitar 6 jam, wajar saja karena adaptor charger bawaannya sendiri hanya berkapasitas 1A

Port yang tersedia lumayan lengkap, dengan adanya micro HDMI port, micro USB untuk charger dan juga berfungsi sebagai perantara transfer data melalui PC atau Laptop, slot microSD yang bisa di isi sampai dengan 32GB sangat memuaskan untuk urusan storage external.

Oh iyah tablet ini menggunakan micro SIM yang terletak di bawah samping slot micro SD
tersedia juga port audio 3,5' di bagian atas

Dengan koneksi 4GLTE, tablet GSM ini meluncur kencang dan mungkin ini adalah tablet pertama yang mengusung teknologi LTE..
tinggal kesiapan operator di indonesia aja kapan siap dengan teknologi LTE

Entah kebetulan atau tidak, waktu pengujian speed test di lakukan secara bergantian dalam satu waktu yang sama dan lokasi yang sama, dan menggunakan simcard operator yang sama, Tablet keluaran Pantech ini meluncur sangat cepat..
(terlampir pengujian speedtest yang dilakukan pada petang hari sekitar pukul 18:00)

Untuk urusan multimedia sendiri sudah cukup lumayan, suara yang di hasilkan cukup jernih di volume tinggi dan rendah, tidak ada terdengar cempreng sedikitpun, meskipun speaker hanya ada 1 di bagian atas kamera depan.

Certificate IP57 sudah dibenamkan ke tablet ini..
IP57 sendiri mempunyai keunggulan tahan terhadap air dan debu..
bukan berarti bisa dikubur di dalam pasir yah seperti tablet keluaran Trible Yuma yang mampu dikubur di pasir dan di kubur dalam Cor Beton, hingga memecahkannya sangat susah..

Untuk urusan camera, sudah cukup memuaskan menurut saya, meskipun hanya berkekuatan 5MP untuk kamera belakang dan di dukung dengan Flash, tapi bisa menghasilkan gambar yang bagus di dalam ruangan dengan kondisi pencahayaan cukup tanpa bantuan flash.
camera depan berkekuatan standart 2MP

Untuk berbasah basahan tablet ini sudah saya uji coba rendam dalam air dengan posisi nyala maupun mati..
alhasil masih berfungsi dengan baik
tetapi masih memiliki keterbatasan dengan kedalaman 1M dalam waktu 30 menit..
berikut saya sertakan pula demo berbasah basahan penggunaan tablet ini di air

Gui yang di pakai di tablet keluaran Pantech ini sangat mirim dengan Motorola zoom 10'
dari tekstur tampilannya sangat mirip sekali..
bahkan saya menyebutnya ini adalah adik dari motorola xoom

Dengan ukuran 8' pasti sangat aneh dari segi ukuran, tipis ringan dan layar sangat jernih dan tahan terhadap air menjadi unggulan tablet ini..
Operating system sendiri masih di android 3.2 dan confirm untuk mendapatkan update versi 4 (ICS) semoga segera keluar tahun ini..
Pantech Element ini sendiri memang di khususkan hanya untuk pemakaian dara saja, pantas saja tablet keluaran pantech ini tidak mendukung fitur call dan sms, tetapi masih bisa diakalin dengan aplikasi lain untuk bisa berkomunikasi lewat sms.

kekurangan tablet ini sendiri adalah, masih belum tersedianya Mobile Hotspot seperti tablet tablet lain di kelasnya dan bila digunakan secara abused untuk penggunaan browsing atau berhubungan dengan koneksi data melalui mobile network, masih terasa panas di bagian belakang dekat simcard..

tetapi jangan khawatir, At&t sendiri confirm untuk mengeluarkan update ke android 4 (ICS) dan semoga segera keluar di tahun ini..


Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

--
"Indonesian Android Community" Join: http://forum.android.or.id

===============
Download Aplikasi Kompas versi Digital dan Keren
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kompas.android.kec
--------------------------
Download Aplikasi AR "MONSTAR" dari Indosat
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ar.monstarunity
---------------------
Sale Gadget Android paling heboh hanya di Multiply!
Klik http://bit.ly/mpgaiddro
---------------------
GSM-AKU http://www.gsmaku.com - BEC Bandung
E-mail: syafrul@gsmaku.com Hp: 0881-1515151
---------------------
EceranShop http://eceranshop.com - BEC Bandung
E-mail: willy@eceranshop.com Hp: 0815-56599888
===============

Aturan Umum, Beli dan Jualan/Kloteran ID-Android http://goo.gl/MpVq8

No comments:

Post a Comment