Thursday, March 28, 2013

Re: [id-android] WTI : Smartfren Back To Normal

menyimak dialog doc pray dan om michael semakin menambah wawasan ttg operator. 

Kalo boleh nambahi pendapat, sepertinya saat terjadi musibah di SF, memang tidak semudah saat terjadi sekedar gangguan BTS. Ini masalah matinya backbone. Ketika kejadian, SF mungkin juga bingung ketika ricek network OK, tidak ada alarm BTS, tapi gangguan terjadi. Dan baru dapet info dr vendor backbone kalo masalah bawah laut dan yang longsor itu.

Semisal di infokan langsung, ini perlu satu kata yang harus muncul dr core manajemen SF. Merancang sebuah pemberitahuan dan permintaan maaf tidak mudah. Semisal SF menginfokan gara2 vendor backbone yang bermasalah, tentu inginnya si vendor ini tidak ingin di beritakan sebagai vendor yang tidak cepat bertindak ketika perangkat mereka bermasalah. ini akan mengurangi kepercayaan operator lain menggunakan jasa mereka. Sambil menunggu si vendor memperbaiki network mereka, SF juga akan mencari solusi apa yang perlu di infokan ke pelanggannya. Dengan menghitung revenue dan sebagainya dengan detil akhirnya di putuskan saat nanti press release, akan ada info ttg kompensasi agar pelanggan tidak kecewa.

proses ini yang sepertinya memakan waktu lama. Mungkin lebih enaknya gimana kalau kita berharap satu persatu operator mengalami persis seperti SF, mengalami putus jaringan dg link internasional, dan bagaimana reaksi masing2 operator terutama PR nya.



**semoga speedy dan telkomsel tidak putus lagi, karena sudah pernah mengalami kejadian, sekitar awal 2008, di bawah ini bbrp info yang ada saat telkom dan telkomsel putus jaringan internasional nya. ayo yang belum merasakan putus backbone, bisa menyusul telkom, tsel, dan sf,



http://goo.gl/sdSaQ <--- ada koment nya om andileo kayaknya



irfanics


2013/3/28 Michael <michael.miq@gmail.com>
bisa dibalik lagi sih pak, memang sih customer adalah raja, tapi masa
kita sebagai customer harus disuapin terus. network down saya
bertanya2 sendiri kok, saya telp ke CS, saya tanya ke temen yang
kebetulan kerja di moratel, etc. Dari sana sih saya dapat kok info
memang ada gangguan. balik ke inisiatif kita lah.

untuk point 2, seperti email saya, gak semua orang punya waktu buat
mantengin milis terus kan pak. semua punya kesibukan tersendiri dan
IMHO milis bukanlah prioritas. tapi mungkin prioritas masing2 orang
beda sih.

tapi yah pendapat orang emang beda2 dan tidak bisa dipaksakan. btw,
Pak Prayudi sepertinya terimpact banget yah ama smartfren mati? saya
kira udah ngandelin isat to the max karena PR nya paling bagus. kirain
cuman model kaya saya aja yg kena impact parah, soalnya dirumah yah
cuman ada smart unlimited, plus di satu hape pun pake smart.

2013/3/27 Prayudi Aji Murtolo <pray.android2@gmail.com>:
> 2013/3/27 Michael <michael.miq@gmail.com>
>>
>> balik lagi sih pak kalau menurut saya, bertanya di milis id-android
>> kan? anggap lah ada orang smartfren join disini, apa dia berkewajiban
>> untuk kasih tau permasalahan? kecuali dia emang digaji untuk itu sih
>> saya rasa gak ada kewajibannya. kecuali ada milis official
>> id-smartfren misalnya, yah rep provider wajib jawab disana.
>
>
> ____
>
> Saya ngga bilang ybs sendiri yang announce
> Saya cuma tanya : kemana PR nya ? Ikut nyelam ? Kok ngilang semua
> okey ngga ada PR nya join di sini. Apa ngga ada yang ngasih tahu kalo
> jaringan drop ? Apa ngga ada yang punya inisiatif mengecek ?
>
> --------------
> Michael <michael.miq@gmail.com> :
> kalau dia join disini dalam kapabilitas pribadi, belum tentu semua
> orang punya waktu untuk mantengin milis terus dan bisa kasih update.
> yah mungkin rep dari provider lain waktunya lebih banyak nganggur jadi
> bisa mantengin milis terus, tapi kan gak bisa dipukul rata.
>
> --->
> Okey dech join atas kapabilitas pribadi, apa ybs ngga merasa waktu kerja "
> wah jaringan gw ancur nih, ada apa yah ? Gimana teman-teman milis ya?"
> Ngga kepikir kan oleh ybs
>
>
>
> --
> ==========
> Download Aplikasi Kompas versi Digital dan Keren
> https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kompas.android.kec
> --------------------------
> Download Aplikasi AR "MONSTAR" dari Indosat
> https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ar.monstarunity
> ---------------------
> Galaxy Note 2 Best Deal Rp. 6,499rb hanya di Multiply.com!
> Garansi resmi. Dapatkan segera! http://bit.ly/gaddrotor
> --------------------
> Web Hosting, Zimbra Mail Server, VPS gratis Raspberry Pi :
> http://www.hostune.com
> --------------------
> Aturan Umum ID-Android: http://goo.gl/MpVq8
> Join Forum ID-ANDROID: http://forum.android.or.id
> ==========
> ---
> Anda menerima pesan ini karena Anda berlangganan grup "[id-android]
> Indonesian Android Community " dari Grup Google.
> Untuk berhenti berlangganan dan berhenti menerima email dari grup ini, kirim
> email ke id-android+berhenti berlangganan@googlegroups.com .
> Untuk opsi lainnya, kunjungi https://groups.google.com/groups/opt_out.
>
>

--
==========
Download Aplikasi Kompas  versi Digital dan Keren
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kompas.android.kec
--------------------------
Download Aplikasi AR "MONSTAR" dari Indosat
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ar.monstarunity
---------------------
Galaxy Note 2 Best Deal Rp. 6,499rb hanya di Multiply.com!
Garansi resmi. Dapatkan segera! http://bit.ly/gaddrotor
--------------------
Web Hosting, Zimbra Mail Server, VPS gratis Raspberry Pi : http://www.hostune.com
--------------------
Aturan Umum  ID-Android: http://goo.gl/MpVq8
Join Forum  ID-ANDROID: http://forum.android.or.id
==========
---
Anda menerima pesan ini karena Anda berlangganan grup "[id-android] Indonesian Android Community " dari Grup Google.
Untuk berhenti berlangganan dan berhenti menerima email dari grup ini, kirim email ke id-android+berhenti berlangganan@googlegroups.com .
Untuk opsi lainnya, kunjungi https://groups.google.com/groups/opt_out.



--
==========
Download Aplikasi Kompas versi Digital dan Keren
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kompas.android.kec
--------------------------
Download Aplikasi AR "MONSTAR" dari Indosat
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ar.monstarunity
---------------------
Galaxy Note 2 Best Deal Rp. 6,499rb hanya di Multiply.com!
Garansi resmi. Dapatkan segera! http://bit.ly/gaddrotor
--------------------
Web Hosting, Zimbra Mail Server, VPS gratis Raspberry Pi : http://www.hostune.com
--------------------
Aturan Umum ID-Android: http://goo.gl/MpVq8
Join Forum ID-ANDROID: http://forum.android.or.id
==========
---
Anda menerima pesan ini karena Anda berlangganan grup "[id-android] Indonesian Android Community " dari Grup Google.
Untuk berhenti berlangganan dan berhenti menerima email dari grup ini, kirim email ke id-android+berhenti berlangganan@googlegroups.com .
Untuk opsi lainnya, kunjungi https://groups.google.com/groups/opt_out.
 
 

No comments:

Post a Comment