Wednesday, May 28, 2014

[id-android] WTI: Review Xiaomi Redmi (Hongmi)

Ini adalah review iseng dari saya. Mohon masukan-masukannya mengenai cara penyampaiannya. Foto-foto bisa dilihat di link ini : http://krilozh.blogspot.com/2014/05/review-xiaomi-redmi-hongmi_8562.html?view=magazine

Thanks. :)


Review Xiaomi Redmi (Hongmi)

Saat ini merk Xiaomi sering sekali dibahas di forum-forum gadget yang ada di internet. Hal ini yang membuat penulis penasaran dengannya. Xiaomi adalah merk ponsel buatan Tiongkok yang saat ini market share-nya di Tiongkok berada di urutan ke-3 setelah Samsung dan Lenovo (sumber: http://www.techtimes.com/articles/7470/20140523/samsung-apple-smartphone-battle-rolls-along-giants-actually-losing-share.htm). Ini adalah suatu pencapaian yang fantastis, mengingat umur dari perusahaan ini masih sangat muda, 4 tahun. Perusahaan Xiaomi baru berdiri tahun 2010, dan saat ini mereka berencana melebarkan sayap ke negara-negara lain, salah satunya Indonesia. Mari kita lihat kiprah mereka di negara kita.

Salah satu ponsel Xiaomi yang akan penulis review kali ini adalah Xiaomi Redmi atau Hongmi. Penulis akan mencoba mengulas satu persatu fitur-fitur yang ada di dalamnya.

Spesifikasi Singkat
Network : 2G GSM 900 / 1800 / 1900 Mhz, 3G HSDPA 1900 / 2100 Mhz
Sim Card : Dual on
Dimensi : 137 x 69 x 9,9mm
Berat : 158gram
Ukuran layar : 4,7" 720 x 1280 pixels (312 ppi pixel density)
RAM : 1GB
Internal Memory : 4GB
External Memory : micro sd up to 32GB
Kamera belakang : 8MP (3264 x 2448) LED Flash
Kamera depan : 1,3MP
Prosesor : Mediatek MT6589T Quad-core 1,5GHz Cortex-A7
GPU: PowerVR SGX544MP2
Baterai : Li-Po 2000mAh
FM Radio : Ada
Operating System : Android 4.2 (Jelly Bean)

Dimensi
Besar, berat dan tebal. Begitulah rasanya ketika penulis menggenggam ponsel Redmi ini. Dimensi dari ponsel ini adalah 137 x 69 x 9,8mm dan beratnya adalah 158gram. Selama ini penulis menggunakan Motorola Moto G yang beratnya lebih ringan 15gram dibandingkan dengan Redmi. Sehingga penulis memerlukan sedikit adaptasi ketika menggunakannya. Ketika mencoba menggunakannya sambil tiduran selama beberapa menit, penulis merasakan beban berat di tangan dan harus secepatnya ganti posisi supaya tidak menjadi beban.

Penulis mendapatkan Redmi dengan warna Grey atau Abu-Abu. Kalau dilihat warna abu-abunya terlihat seperti warna hitam tapi bukan hitam yang pekat.

Ponsel ini berbentuk seperti ponsel android kebanyakan, dimana sisi-sisi belakang kanan dan kirinya berbentuk sudut membulat. Bahan yang digunakan adalah plastik, dimana di bagian back cover menggunakan bahan matte, sedangkan sisi yang lain berbahan glossy. Bahan matte di bagian back cover menjadikannya suatu kelebihan karena bekas sidik jari tidak mudah menempel di bahan tersebut.

Di bagian depan terdapat layar IPS berukuran 4,7inchi, di bagian atas layar terdapat kamera berkemampuan 1,3MP, dan di bagian bawah terdapat 3 tombol, tombol menu, tombol home, dan tombol back. Tombol power berada di sisi kanan agak ke tengah, sementara tombol volume up dan down berada di atasnya. Di bagian sisi atas ponsel terdapat 1 lubang untuk earphone berukuran 3,5mm. Sementara di sisi bawah terdapat slot micro USB yang bisa digunakan untuk transfer data dan untuk mengisi baterai. Di sisi belakang terdapat kamera utama yang terletak di tengah agak ke atas, LED Flash berada di bawahnya. Di sebelah kanan kamera terdapat speaker. Ketika back cover dibuka, anda akan melihat baterai berwarna orange yang bisa dilepas, di sisi atasnya dari kiri ke kanan terdapat slot micro SD, slot Mini SIM Card 1, dan slot Mini SIM Card 2.

Internal Memory
Di spesifikasi tercantum internal memory-nya adalah 4GB, tapi ternyata 4GB ini terbagi menjadi 2, yaitu Internal Storage sebesar 2,14GB dan Phone Storage sebesar 0,91GB. Untuk pengguna yang sudah terbiasa memasang banyak aplikasi di dalam ponselnya pasti akan merasa banyak kekurangan memory. Untunglah Redmi ini bisa disupport oleh micro SD sebesar up to 32GB, sehingga urusan simpan menyimpan foto, lagu, dan file-file multimedia lainnya tidak menjadi masalah.

MiCloud
Bila pengguna ponsel ini pernah memakai iOS sebelumnya pasti tak akan asing dengan fitur yang disebut MiCloud ini, karena kurang lebih sama kegunaannya. Fitur Micloud ini bisa dipakai untuk backup contact, sms, foto, call log, notes, dan settingan wifi, sehingga data-data yang sudah di-backup tersebut bisa dengan mudah di-restore ketika pengguna berganti ponsel Xiaomi tipe lain.

User Interface
Ponsel ini menggunakan MIUI versi 5 dengan basis Android versi 4.2 Jelly Bean. User interfacenya sangat menarik, sangat berbeda dengan ponsel android kebanyakan. UI-nya adalah khas MIUI, dengan icon penuh warna warni berbentuk kotak dan berbentuk bulat di keempat sudutnya.

Di ponsel ini, anda tidak akan menemukan icon drawer seperti ponsel android kebanyakan, karena Xiaomi menghilangkannya. Semua icon dari aplikasi yang terinstal ada di homescreen awal dan terbagi menjadi lebih dari satu halaman.

Ketika berada di homescreen, cukup swipe-kan jari kita dari atas ke bawah dan akan muncul menu Notifications dan Toogles yang berisi banyak icon yang merupakan jalur pintas menuju ke menu-menu yang terdapat dalam menu Settings.

Lite Mode
Ada satu menu yang menarik dalam menu Settings, yaitu menu Lite mode. Ini adalah simple UI yang icon-iconya hanya terdiri dari icon-icon sederhana berbentuk kotak. Cara mengaktifkannya adalah dengan membuka menu Settings, pilih Lite mode dan geser menu ke on. Setelah itu akan keluar tampilan "Reboot to enter Lite mode?" dan pilih OK. Tampilan Lite mode akan menjadi seperti gambar di bawah ini.

Kamera
Ponsel ini mempunyai kamera utama sebesar 8MP dan kamera depan sebesar 1,3MP. Kemampuan fokusnya adalah fokus otomatis dimana kita bisa menggeser kotak hijau ke bagian mana yang mau difokuskan.

Games & Multimedia
Penulis memainkan game Clash of Clans dan Real Racing 3. Keduanya berjalan lancar, namun untuk game Real Racing 3 grafiknya ada sedikit kurang mulus, mungkin karena fps grafik yang berkurang.

Penulis mencoba kemampuan multimedia dengan memutar beberapa trailer film dengan resolusi 1080p, 2K, dan 4K. Dengan memakai video player bawaannya, video beresolusi 1080p berjalan dengan lancar. Video 2K hanya muncul suara saja sementara gambarnya tidak bisa muncul. Sedangkan video 4K sama sekali tidak bisa diputar. Dengan video player MX Player, semua video baik yang resolusi 1080p, 2K, dan 4K, semua berjalan dengan lancar.

Kualitas Layar
Layar 4,7inchi dengan resolusi 720 x 1280pixel menghasilkan pixel density sebesar 312ppi. Hasilnya menjadikan tampilan layar sangat tajam, bahkan penulis tidak merasakan perbedaan signifikan bila dibandingkan dengan ketajaman layar retina display-nya iPhone 5s yang mempunyai pixel density sebesar 326ppi.

Uji Antutu
gambar silahkan dilihat di link

Android Sensor Box
Sensor yang ada:
- Accelerometer
- Light
- Orientation
- Proximity
- Gyroscope
- Sound
- Magnetic

Sensor yang tidak ada:
- Temperature
- Pressure

Gambar silahkan lihat di link

Performa Baterai

Aplikasi yang diinstal oleh penulis:

- 2 email japri dan 1 email milis dengan aplikasi Gmail

- Whataspp

- BBM, dengan 3 BBM Grup yang tidak terlalu aktif

- Line, dengan 2 Line Grup yang tidak terlalu aktif

- Kakao Talk

- Clash of Clans

- Real Racing 2

- Antutu

- Android Sensor Box

- MX Player

Dengan kondisi wifi off, kedua sim card on, 3G Only pada sim card 1, penulis mendapatkan performa baterai selama  15 jam 32 menit dengan screen time on selama 2 jam 19 menit.

Dengan kondisi wifi on, kedua sim card on, penulis mendapatkan performa baterai selama 12 jam 58 menit dengan screen time on selama 3 jam 5 menit.

GPS
Ketika diuji, GPS-nya bekerja dengan sangat baik dan mampu lock dalam waktu kurang +/-4 detik.

Kesimpulan
Beberapa kelebihan dan kekurangan yang penulis dapatkan:
 

Kelebihan:
- UI yang sangat atraktif, mirip UI iOS
- UI simple
- Harga sangat murah, harga di Singapura SGD169
 

Kekurangan:
- Body besar, tebal, dan berat
- Sedikit lag ketika memainkan game-game grafis berat

Ponsel ini layak dipakai sehari-hari bila pengguna tidak peduli body device yang besar, tebal, dan berat, serta bukan pemain game berat. Untuk pemain game berat bisa memakai versi lain dari Redmi, yaitu Redmi 1S yang kemampuan prosesornya lebih baik karena menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 400 seperti prosesor yang digunakan Motorola Moto G.


--
==========
Berubah menjadi lebih terkendali bersama @kartuHalo Halo Fit Hybrid
Info Lengkap >> tsel.me/halohybrid #KendalikanHidup
-------------------
Gunakan layanan Hosting Indonesia yang stabil, terjangkau dan aman
Kunjungi >> http://www.Qwords.com
--------------------
ID-Android on YouTube
https://www.youtube.com/watch?v=0u81L8Qpy5A
--------------------
Kontak Admin, twitter @agushamonangan
 
Aturan Umum ID-ANDROID >> http://goo.gl/NfzSGB
 
Join Forum ID-ANDROID >> http://forum.android.or.id
==========
---
Anda menerima pesan ini karena berlangganan grup "[id-android] Indonesian Android Community " di Google Grup.
Untuk berhenti berlangganan dan berhenti menerima email dari grup ini, kirim email ke id-android+unsubscribe@googlegroups.com.
Kunjungi grup ini di http://groups.google.com/group/id-android.

No comments:

Post a Comment