Thursday, March 17, 2011

[id-android] WTI Unboxing Motorola Xoom : Tablet Android Pertama Yang Menggunakan Honeycomb

Akhirnya setelah lama dinanti berkesempatan juga mencoba Motorola Xoom ini. Kotak yang cukup besar dengan gambar tablet di depan yang bertuliskan Motorola Xoom dan logo Verixon ini makin membuat saya penasaran ingin segera membuka kotaknya. Tablet dengan layar 10.1" ini terlihat elegan denganwarna hitam, setelah dicoba untuk dipegang beberapa saat jadi teringat Motorola Droid X. Ya, Motorola Droid X ini cukup menggambarkan kualitas bahan body dari Motorola Xoom ini. Lumayan cukup berat juga saat dipegang, setelah dibandingkan dengan iPad generasi pertama kira-kira beratnya sama. Sebelum masuk lagi ke review sesaat, ada baiknya kita lihat dulu spesifikasi umum tablet ini. Spesifikasi Motorola Xoom:

  • 1X-EVDO rev.A
  • Resolusi 1280x800
  • Capacitive
  • Android 3.0 (Honeycomb)
  • Dual Core NVidia Tegra 2 1Ghz Processor
  • 1GB RAM
  • 5Mpx Kamera belakang dan 2Mpx kamera depan
  • Internal Storage 32GB dan Support Micro SD Card up to 32GB

Ketika dinyalakan langsung muncul logo M khas Motorola dan tulisan "Dual Core Technology", hmm semakin membuat saya makin penasaran. Boot splash yang berupa animasi yang berbentuk sarang lebah berwarna biru lalu disambut oleh robot hijau untuk melakukan pengaturan awal. Setelah melakukan pengaturan awal maka langsung masuk ke home screen, coba-coba sedikit untuk slide kiri dan kanan ternyata interface si Motorola Xoom ini 3D yang membuat semakin wah saja tablet ini. Karena ini jenis Motorola Xoom yang Wifi+CDMA maka untuk sementara saya masih menggunakan WiFi untuk bisa konek ke internet.

Coba-coba aplikasi music di Motorola Xoom ternyata sudah berubah dan makin bagus dibanding aplikasi music di Android 2.3 atau Gingerbread. Lalu saya mencoba masuk ke market, ternyata Market di Motorola Xoom ini sudah menyesuaikan aplikasi yang boleh di unduh oleh Motorola Xoom ini. Sehingga kita tidak perlu khawatir aplikasi yang di market tidak sesuai dengan Motorola Xoom walau memang tidak sebanyak aplikasi pada android yang bukan tablet. Ini wajar saja karena Android 3.0 baru di release dan mungkin kedepannya juga akan bertambah aplikasi lainnya yang support ke Honeycomb. Di market untuk honeycomb ini ada satu lagi fitur tambahan, yaitu books. Kita bisa mengunduh semua buku yang tersedia disitu secara gratis. Untuk yang bayar nya saya masih kurang tau bagaimana cara mengakses fitur tersebut atau malah belum ada.

Khusus android 3.0 atau Honeycomb ini ada yang spesial dengan gtalk nya, kita bisa melakukan panggilan atau video call menggunakan aplikasi gtalk yang dimana fitur ini belum ada di gtalk pada android sebelumnya. Saya sempat coba melakukan video call dengan teman dan hasilnya lancar, delay hanya sedikit. Untuk melakukan panggilan itu saya melakukan panggilan melalui WiFi dari operator "teman "pintar" di Indonesia, pasti tau siapa teman pintar ini :)

Dibanderol dengan harga $799 di US sana, mungkin masih terbilang bagus jika kita beli di sana tetapi beda jika kita beli di sini mungkin bisa sampai 10jt an. Keseluruhan performa Xoom ini sangat memuaskan, kekurangan menurut saya hanya di sisi aplikasi yang saat ini masih sedikit aplikasi yang mendukung android 3.0. Semoga kedepannya aplikasi makin banyak karena sepertinya tahun 2011 ini adalah tahunnya tablet, dibelakang ada iPad 2, hTC Flyer, HP Touchpad, Galaxy Tab 10, bahkan Acer dan Toshiba pun akan mengeluarkan tablet. Semoga ini menjadi tren yang positif sehingga user pun akan dimudahkan dengan baregamnya pilihan tablet di pasaran, hmm apa malah makin dipusingkan karena kebanyakan :)



Untuk foto-foto dari xoom
http://lutfihidayatr.posterous.com/unboxing-motorola-xoom-tablet-android-pertama

mau tanya lebih lanjut? Tanya suhu Lesjaw aja yang lagi pegang xoom :)
hehehe

--
_________________________
@lutfihidayatr
lutfi.pengen@naekgenteng.com

--
===============
Indonesian Android Community, join: http://forum.android.or.id
 
HTC Android Phone with HTC Sense and HTCsense.com
http://www.htc.com/DesireHD/
---------------------
Unlimited Data XL Mobile Broadband
http://www.xl.co.id/XLInternet/BroadbandInternet
--------------------
i-gadget Store - BEC Bandung
E-mail: ary@i-gadgetstore.com Ph. 0812-21111191
--------------------
Toko Gila Original Surabaya
Email: info@gilaoriginal.com Ph. (031) 91555898
--------------------
Toko EceranShop - BEC Bandung
E-mail: willy@eceranshop.com Ph. 0815-56599888
--------------------
 
Aturan Jual/Kloteran ID-Android http://goo.gl/azW7

No comments:

Post a Comment