Tuesday, October 4, 2011

Re: [id-android] OOT/Share: Kecewa Telkomsel atas pencurian pulsa via sms premiumnya

cp+operator pasti berdalih kl yg mereka potong (sms premium konten) itu atas dasar pengguna hp yg melakukan registrasi, sekali lagi posisi pengguna disini lemah. menjengkelkan sekali memang,, apakah sms2 jebakan bisa dijadikan alat bukti? sms berisi iming2 dapet hadiah macem2 dan diarahkan utk mengecek umb tertentu

2011/10/5 Budi Satyanto <buzzath.anndroid@gmail.com>
Hampir semua operator indonesia punya jebakan betmen. Jadi hati2 aja oom kalo dpt sms promo. Sebenernya operator ga salah2 amat sih karena kalo kata cs telkomsel content provider yg suka nakal. Kalau emang sdh ga tahan ya ganti operator aja :P.

Salam,
@buzzath


From: Noddy Adidarma <namakunoddy@gmail.com>
Date: Tue, 4 Oct 2011 21:23:30 +0700
Subject: [id-android] OOT/Share: Kecewa Telkomsel atas pencurian pulsa via sms premiumnya

Selamat malam para rekan milist Gadtorade yg saya hormati,

Izinkan saya share kekecewaan saya terhadap Telkomsel sesuai subject di atas.

Kebetulan saya pengguna aktif gadget Android dan (sebelumnya) blackberry via Telkomsel.

Ceritanya begini:



Hari ini saya kaget karena setelah menelpon Customer Service kartu Halo, saya mendapati bahwa saya terdaftar pada sms premium berlangganan dengan kode 9388 aktif mulai hari ini juga (4 Oct 2011) dengan tarif Rp2,000.00/sms. Padahal saya tidak pernah melakukan registrasi apapun dengan sengaja/sadar. Saya tidak butuh sms promosi semacam itu dan terlalu sibuk untuk menanggapinya apalagi sampai dengan sadar mendaftarkan nomor saya ke sms premium semacam itu. Menurut saya pribadi, ini adalah salah satu bentuk kejahatan berupa pencurian uang melalui pulsa telepon dengan tanpa persetujuan secara sadar dari customer seperti saya.


Saya adalah pelanggan kartu Halo Telkomsel sejak skitar 5-6 tahun terakhir. Dari dulu saya mulai curiga kenapa tagihan sms saya selalu tinggi, padahal seingat saya seharusnya tidak setinggi itu, dan baru akhir akhir ini saja saya sadar akan keberadaan sms "garong" itu.


Hari ini, 4 Oktober jam 8:30an PM, saya telah menelpon Customer Service di nomor telpon 111 berbicara dengan mba Saskia. Dari dia saya mendapat informasi bahwa nomor saya berlangganan sms premium berbayar, yaitu dari 9388 aktif mulai 4 Oct 2011, dan dari 32665 aktif mulai 13 April 2011. Sebelumnya saya juga sudah memberhentikan (via CS juga) dua nomor sms premium dari 9200 dan 2003. Tapi saya heran, kenapa akhir akhir ini saya menerima layanan serupa dari dua nomor baru yang saya tidak merasa, dengan sadar untuk setuju berlangganan kepadanya. Bahkan ada sms premium (9388) yang mulai aktif per hari ini di mana saya tidak melakukan registrasi apapun. Saya hanya menerima sms dari nomor tersebut (9388) hari ini 4 Oct 2011 pukul 20:22 (jam HP saya) dengan bunyi: "Maaf anda blm beruntung. Anda merupakan pengirim ke 144012, coba lagi ktk UNTUNG ke 6288 utk Bonus PULSA 25rb. Berlaku utk pengirim ke-100 & kelipatannya." Padahal sumpah demi Allah saya tidak pernah dengan sengaja/sadar telah melakukan registrasi ke nomor itu. Nah anehnya ketika saya hubungi mba Saskia, beliau menginformasikan bahwa sms itu berbayar, dengan tarif rata-rata Rp2,000/sms. Spontan saya kaget.


SMS semacam ini tentu saja sangat merugikan saya secara pribadi. Kerugian saya meliputi kerugian finansial dan kerugian immaterial, karena sering sekali saya terima sms di saat-saat ketika saya tidak menginginkannya, misal ketika saya di tengah-tengah meeting dengan rekan bisnis/kerja, dan bahkan beberapa sms datang saat tengah malam ketika saya sudah pada posisi hendak tidur. Betapa terganggunya diri saya ketika harus bergerak dari tempat tidur untuk mengambil HP dengan bayangan di benak saya bahwa ada SMS penting masuk dari rekan kerja maupun kerabat saya lainnya, dan ternyata sms tersebut adalah dari operator dengan nomor premium seperti tersebut di atas. Sudah mengganggu kenyamanan saya di tengah malam, juga merugikan saya secara finansial karena saya harus menanggung biaya pulsanya.


Akhirnya malam ini, 4 Oct 2011 jam 8:30an malam, saya tegaskan kepada pihak CS di nomor 111 (mba Saskia) bahwa saya tolong diberhentikan dari semua sms berbayar yang saat ini terasosiasi dengan nomor saya ini, dan untuk kemudian memberikan jaminan kepada saya bahwa nomor saya tidak akan pernah diganggu lagi dengan nomor-nomor sms berlangganan serupa ke depannya, per detik ini juga. 


Mba Saskia bilang bahwa dia sudah me-de-registrasi nomor saya dari sms berlangganan tersebut. Namun beliau tidak bisa memberikan jaminan pasti bahwa saya tidak akan pernah lagi menerima sms serupa ke depannya.


Dari situ, saya jadi bertanya, jadi siapakah yang bertanggung jawab atas kejadian ini semua? Siapakah yang telah sengaja, terencana, dan sistematis telah mencuri pulsa saya, tanpa adanya persetujuan dari saya secara tertulis/sadar?

Apakah begini pelayanan dari Telkomsel yang notabene perusahaan BUMN dengan jumlah pelanggan aktif terbesar di Indonesia ini? Apakah justru karena statusnya yang BUMN itu maka dia berisikan SDM yang tidak begitu menghormati hak hak dan privasi dari para pelanggannya? apa iya? Tentu saja itu semua adalah pertanyaan dari diri saya pribadi, selaku pelanggan aktif dari Telkomsel.


Tulisan ini saya buat sebagai bentuk kekecewaan saya terhadap Telkomsel yang telah setia melayani kebutuhan telekomunikasi saya, baik dari segi komunikasi telepon, sms, dan data service untuk Android dan Blackberry saya. Tanpa bermaksud mendeskreditkan pihak2 tertentu, saya hanya menuntut hak, privasi, dan keadilan buat diri saya dan pelanggan yang mirip dengan saya.


Demi kesuksesan bisnis anda ke depannya, saya meminta Telkomsel untuk lebih menghormati hak, privasi, dan keadilan buat para pelanggannya. Jangan menjadi maling yang tidak bertanggung jawab!!!


Salam MERDEKA!!!

Jakarta, 4 October 2011 9:07PM.


PS. Adakah rekan member gadtorade/id-android yang bisa membantu mengatasi masalah saya tersebut di atas, secara permanen?


--
Thx.



--
"Indonesian Android Community" Join: http://forum.android.or.id
 
===============
Join ID-ANDROID Developers
http://groups.google.com/group/id-android-dev
---------------------
Gunakan Paket Unlimited Data XL Mobile Broadband
http://www.xl.co.id/XLInternet/BroadbandInternet
--------------------
PING'S Mobile - Plaza Semanggi
E-mail: info@pings-mobile.com Ph. 021-25536796
--------------------
i-gadget Store - BEC Bandung
E-mail: ary@i-gadgetstore.com Ph. 0812-21111191
--------------------
Toko EceranShop - BEC Bandung
E-mail: willy@eceranshop.com Ph. 0815-56599888
===============
 
Aturan Jualan dan Kloteran ID-Android http://goo.gl/YBN21

--
"Indonesian Android Community" Join: http://forum.android.or.id
 
===============
Join ID-ANDROID Developers
http://groups.google.com/group/id-android-dev
---------------------
Gunakan Paket Unlimited Data XL Mobile Broadband
http://www.xl.co.id/XLInternet/BroadbandInternet
--------------------
PING'S Mobile - Plaza Semanggi
E-mail: info@pings-mobile.com Ph. 021-25536796
--------------------
i-gadget Store - BEC Bandung
E-mail: ary@i-gadgetstore.com Ph. 0812-21111191
--------------------
Toko EceranShop - BEC Bandung
E-mail: willy@eceranshop.com Ph. 0815-56599888
===============
 
Aturan Jualan dan Kloteran ID-Android http://goo.gl/YBN21

--
"Indonesian Android Community" Join: http://forum.android.or.id
 
===============
Join ID-ANDROID Developers
http://groups.google.com/group/id-android-dev
---------------------
Gunakan Paket Unlimited Data XL Mobile Broadband
http://www.xl.co.id/XLInternet/BroadbandInternet
--------------------
PING'S Mobile - Plaza Semanggi
E-mail: info@pings-mobile.com Ph. 021-25536796
--------------------
i-gadget Store - BEC Bandung
E-mail: ary@i-gadgetstore.com Ph. 0812-21111191
--------------------
Toko EceranShop - BEC Bandung
E-mail: willy@eceranshop.com Ph. 0815-56599888
===============
 
Aturan Jualan dan Kloteran ID-Android http://goo.gl/YBN21

No comments:

Post a Comment