Monday, January 31, 2011

[id-android] Symbian dihabisi Android

.
Jungkalkan Symbian, Android Jadi OS Paling Top
Fajar Widiantoro - detikinet


Ilustrasi (ist)

Jakarta - Akhirnya Android berhasil mengalahkan Symbian dan menjadi OS nomor satu di ranah ponsel dunia. Ini terjadi setelah pada kuartal IV 2010, serbuan ponsel Android sukses mengalahkan pasokan ponsel Symbian.

Berdasar data Canalys yang dikutip detikINET, Selasa (02/1/2011), pengapalan ponsel Android di kuartal IV 2010 menembus angka 32,9 juta unit. Sementara handset-handset Symbian hanya mencapai angka 31 juta unit saja.

Data lain milik Computer Weekly mengatakan, pangsa pasar OS milik Google itu terus meningkat dari 8,7 persen di 2009 menjadi 33 persen di 2010. Sebuah kenaikan yang cukup pesat.

Sementara Google naik, Microsoft justru menurun pangsa pasarnya. Pangsa pasar Windows Mobile anjlok 20 persen, dari 7,2 persen di kuartal IV 2009 menjadi 3,1 persen di periode yang sama 2010. Platform baru Windows Phone 7 pun diharapkan dapat mendongkrak pangsa pasar Microsoft.

"2011 adalah tahun di mana persaingan menjadi lebih ketat. Para vendor tahun ini banyak yang menggunakan teknologi baru seperti prosesor dual core, NFC, dan layar 3D untuk mempertahankan pangsa pasarnya," ujar Chris Jones, selaku Vice President Canalys. ( fw / fyk )
 
 
Bos Nokia Kirim Sinyal Gabung Android?
Fino Yurio Kristo - detikinet


Ilustrasi (ubergizmo)

Jakarta - Nokia sejauh ini masih keukeuh tidak mau mengadopsi Android, meski OS buatan Google ini tengah menanjak popularitasnya. Namun sebuah pernyataan dari CEO Nokia menimbulkan praduga bahwa Nokia tengah mempertimbangkan Android.

Setelah menerima laporan finansial kuartal 4 2010 yang cukup mengecewakan, Stephen Elop selaku CEO Nokia membeberkan rencana perusahaannya. Nah, pernyataannya dinilai menunjukkan sinyal bahwa Nokia ingin menggandeng OS baru. 

"Sebagai penambahan pengalaman memakai handset yang bagus, kami harus membuat, memanfaatkan atau bergabung dalam ekosistem yang kompetitif. Ekosistem yang kami pilih harus komprehensif dan mencakup manfaat serta layanan yang diharapkan konsumen saat ini dan masa depan," ucap dia. 

Sebagian pihak menilai ucapan Elop di atas adalah sinyal Nokia sedang mempertimbangkan pemakaian Android. Dikutip detikINET dari TechRadar, Senin (31/1/2011), ekosistem yang dia maksud bisa jadi adalah OS buatan Google itu. 

Vendor asal Finlandia ini memang sedang sibuk mempersiapkan OS barunya yang dinamai MeeGo. Namun kata-kata Elop bahwa Nokia mungkin bergabung dengan ekosistem tertentu menyiratkan bahwa MeeGo bukan satu-satunya pilihan. 

Selain Android, mungkin juga Nokia mempertimbangkan Windows Phone 7. Apalagi Stephen Elop adalah mantan orang Microsoft sehingga kesepakatan antara Nokia dengan Microsoft mungkin tidak terlalu sukar dilakukan. ( fyk / ash )

No comments:

Post a Comment