Thursday, September 27, 2012

Re: [id-android] WTShare : modus penipuan

Mau share info dikit aja nih om terkait kejadian ini & untungnya sudah saya antisipasi.

Jadi begini :

Bbrp wkt yg lalu, saya & keluarga sedang jalan2 di sebuah mall & ada stand salah satu CC, lalu ada saudara saya yang mau buat CC, maka dia mengisi semua form dengan detail & setelah selesai mengisi, petugas meminta ijin utk foto copy CC yang sering di pakai ( CC existing maksudnya ).

Dan ketika saudara saya menyerahkan CC utk di foto copy eh saya perhatikan ternyata petugasnya itu foto copy-nya bolak balik & yang bikin saya curiga adalah sewaktu mau foto copy gerak geriknya / bahasa tubuhnya kayak org gelisah, ( matanya terus mengawasi ke arah saudara saya ).

Nah dari titik situ akhirnya saya bilang ke saudara saya agar semua form yg telah di isi & foto copy kartu kredit mending diambil/cancel saja demi keamanan, sebab petugas tsb ud megang semua data dlm keadaan sangat lengkap.

Demikian, jadi saya rasa ini juga salah satu celah / kesempatan bagi pelaku untuk itu tadi THEFT IDENTITY.

Kalau disambungkan dengan cerita TS yaitu om Arianto C. Nugroho, maka si pelaku bisa masuk ke NEXT STEP tuh, yaitu call bank penerbit CC & request utk ganti nomor HP, begitu DONE, dia surfing dah utk belanja OL, trus tinggal isi 3 angka digit di balik CC yang dia ud foto copy bolak balik sebelumnya.

Berangkat dari pengalaman itu, saya langsung block 3 digit angka di balik CC saya dengan cara saya kasih power glue sekalian & biar ga lupa, maka saya catat ke HP.

Tujuannya buat jaga2 aja, saya cuma kuatir pas lengah & ga sadar, soalnya lumayan sering nongkrong di cafe / coffee shop & CC sering saya tinggalin di kasir kl lg pas traktir client ( barangkali ada oknum yg nakal juga )

Kalau sudah sering seperti ini harus ada hukum yang mengatur kali ya agar bank, operator selular. & konsumen ga kena apesnya.

Thx

------Original Message------
From: satrio
Sender: ID - Android
To: ID - Android
ReplyTo: ID - Android
Subject: Re: [id-android] WTShare : modus penipuan
Sent: Sep 26, 2012 17:29

enggak lah...pasti ada verifikasi yang tentunya juga dilakukan sesuai SOP masing-masing operator untuk proses blocking/penggantian kartu, kalau tidak lolos verifikasi ya pasti direject.. contoh verifikasi yang dipakai biasanya nama 5 nomor yg pernah dihubungi, tanggal lahir, dll.. On Wednesday, September 26, 2012 4:59:11 PM UTC+7, Amer wrote: wah gampang amat prosedur blok nomor ya? mustinya bisa tuh diverifikasi dulu sama si operator ke nomer yg minta diblok sebelum benar2 di blok. 2012/9/26 Arianto C Nugroho <arianto...@gmail.com> misalkan anda pakai nomor-nya si merah ... saya telp CS-nya si merah, ngaku-ngaku sebagai anda dan bilang kalau hp saya hilang dan minta nomor-nya di blok ... setelah itu saya telepon CS-nya bank CC anda, ngaku sebagai anda minta nomor kontak diganti .. ketika bank coba konfirmasi ke nomor lama, nomor-nya sudah diblok .. 2012/9/26 Amer <moamer....@gmail.com> maksudnya telp diblok itu apa om? emang bisa telp di blok dengan alasan kartu hilang ya? kalau saya akan cek ke bank-nya maksudnya permintaan perubahan itu dari mana? lebih amannya minta ganti kartu kreditnya biar nomer, pin & 3 digitnya baru. kedua juga minta konfirm ke operator gimana verifikasi sehingga satu nomer bisa diblok/unblok berulang kali.  2012/9/26 Arianto C Nugroho <arianto...@gmail.com> mau sharing aja .. mumpung beberapa hari ini ada diskusi soal keamanan CC ... ini saya ambil dari posting salah satu senior saya di page FB-nya ... Hati-hati..saya belum tahu apa yang diinginkan dari modus baru ini..beberapa hari yang lalu, saya ditelp salah satu bank, ada permintaan perubahan no telp di data kartu kredit saya. saya bilang gak pernah minta perubahan data. kemarin siang ditelp lagi sama bank yang sama, ada permintaan perubahan lagi, dan saya bilang saya tidak pernah meminta perubahan. Apa yang dilakukan oleh X yang berusaha mengganti data kartu kredit saya? Malamnya, rupanya no telp saya diblok, dengan alasan saya lapor bahwa kartu saya hilang *means berarti si X tahu semua data saya*. saya lapor ke call center provid
Terima Kasih,
Danny

--
Download Aplikasi Kompas versi Digital dan Keren
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kompas.android.kec
--------------------------
Download Aplikasi AR "MONSTAR" dari Indosat
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ar.monstarunity
---------------------
Promo Combo Android, diskon + cicilan -% BCA!
Persediaan terbatas, klik http://bit.ly/gaddrotor
----------------------
GSM-AKU http://www.gsmaku.com - BEC Bandung
E-mail: syafrul@gsmaku.com Hp: 0881-1515151
---------------------
EceranShop http://eceranshop.com - BEC Bandung
E-mail: willy@eceranshop.com Hp: 0815-56599888
--------------------
Web + email + domain .web.id: 75rb / TAHUN - http://www.hostune.com
--------------------
Aturan Umum ID-Android: http://goo.gl/MpVq8
Join Forum ID-ANDROID: http://forum.android.or.id
==========

No comments:

Post a Comment