Monday, June 6, 2011

Re: [id-android] WTA Complain : Jaringan Telkomsel

Posisi menentukan prestasi. Indonesia harusnya sudah lebih kompeten dalam meniru singapore dalam hal pengadaan infrastruktur. Setidaknya per kota, atau wilayah.

Selama ini kita di singapore, memasang radio pemancar dalam gedung, dan sesama operator, ada yang harus share antena di beberapa gedung yang tidak suka platformnya terlalu banyak jendolan-jendolan pemancar.

Permasalahan yang ada di indonesia adalah, terlalu mengandalkan BTS outdoor yang susah penetrasi ke dalam gedung. Hal serupa dialami oleh pendusuk singapura yang tinggal di HDB.

Kalau misalnya kita sebagai user,mendapati daerah kita tinggal ada blank spot, gak gampang bagi operator untuk memperbaikinya. Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan:

1.  Tidak boleh sembarangan tilt dan panning antena. Setiap sektor sudah dirancang dengan baik, dan rencanakan dengan seksama.

2. Tidak gampang nambah-nambah antena. Pertimbangannya, setiap lokasi sel, sudah ada penjatahan frekuensi antar operator. Kalau ada operator yang menambah pemancar sesukanya, maka akan terjadi acara jambak-jambakan antara engineer radio dari operator yang bersinggungan frekuensi.

3. Kalaupun frekuensi kosong, area itu masih bisa tambah antena, please be consider.... Pasang satu biji antena memakan biaya gak murah, dan beban listrik yang gak kecil untuk antena itu...

So, klo situ posisinya jelek, komplen ke provider ybs. Klo gak difollow up, pindah provider ajah dan jangan bikin ribut. Karena itu tidak bijaksana.

*yang teknisi jaringan operator selular negeri singa.

On Jun 7, 2011 5:06 AM, "Arianto C Nugroho" <arianto.nugroho@gmail.com> wrote:

--
"Indonesian Android Community" Join: http://forum.android.or.id
 
===============
Xperia arc with Mobile BRAVIA Engine
http://www.sonyericsson.com/product/xperiaarc/video/mbe
---------------------
Gunakan Paket Unlimited Data XL Mobile Broadband
http://www.xl.co.id/XLInternet/BroadbandInternet
--------------------
PING'S Mobile - Plaza Semanggi
E-mail: info@pings-mobile.com Ph. 021-96087100
--------------------
i-gadget Store - BEC Bandung
E-mail: ary@i-gadgetstore.com Ph. 0812-21111191
--------------------
Toko EceranShop - BEC Bandung
E-mail: willy@eceranshop.com Ph. 0815-56599888
===============
 
Aturan Jualan dan Kloteran ID-Android http://goo.gl/YBN21

No comments:

Post a Comment